Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di Android

Mengatasi Penyimpanan Penuh di Android
Penyimpanan sangatlah penting, dengan adanya ruang penyimpanan di android anda dapat menyimpan berbagai file baik itu dokumen, foto maupun video.

Namun, pernahkah anda merasa aneh yang mana ruang penyimpanan android tiba-tiba penuh dengan sendirinya? Jika iya, anda tidak sendirian sebab ada beberapa faktor mengapa penyimpanan perangkat android bisa penuh dengan sendirinya padahal anda tidak merasa menyimpan banyak file.

Dibawah ini adalah beberapa faktor penyebab mengapa penyimpanan memory perangkat android bisa penuh.

1. Cache aplikasi

Cache adalah file penggunaan sementara yang tersimpan di memory, cache bertujuan untuk mempercepat akses dari aplikasi yang anda buka.

Meskipun memiliki peranan yang bagus, namun cache membutuhkan penyimpanan dan tentunya akan mengurangi ruang penyimpanan android anda.

Cara mengatasi cache aplikasi cukup dengan menghapus file cache aplikasi tersebut.

1. Buka Pengaturan > Aplikasi
2. Cari dan pilih aplikasi yang akan dihapus cachenya.
3. Pada Infomasi Aplikasi pilih Penyimpanan dan Hapus cache.

2. Thumbnail video

Penyebab yang paling banyak memakan ruang penyimpanan adalah thumbnail dari file video. Jika anda memiliki banyak video dan suka memutarnya di perangkat maka jangan heran jika ruang penyimpanan android anda penuh secara tiba-tiba.

Thumbnail pada video memiliki ukuran file yang sama dengan file video aslinya. Apabila anda memiliki video dengan ukuran file sebesar 100MB maka thumbnail dari video tersebut akan memiliki ukuran 100MB jadi total keselurahannya menjadi 200MB.

Solusinya ialah anda cukup menghapus file thumbnail tersebut, internal > DCIM > .thumbnail namun secara default folder dari thumbnail tersembunyi.

3. File menumpuk

Jika anda tidak pernah menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan lagi, maka file tersebut akan menumpuk dan semakin banyak sehingga membuat ruang penyimpanan penuh.

Untuk itu, anda harus menghapus semua filenyang sudah tidak diperlukan lagi atau membackup file tersebut ke dalam media penyimpanan lainnya, misalnya Flashdisk, Memory Eksternal dan sebagainya.

Baca juga: 5 Aplikasi pembersih memori android terbaik

4. File download yang batal

Pernahkah anda mengunduh file di internet, namun di tengah proses pengunduh anda batalkan atau unduhan bermasalah? Jika iya, maka anda harus tahu bahwa file yang anda batalkan tetap tersimpan pada penyimpanan.

Untuklah anda harus menghapus berkas-berkas file unduhan yang batal tersebut yang berada di folder Downloads.

5. Ruang penyimpanan yang sedikit

Apabila perangkat anda hanya memiliki ruang penyimpanan internal yang sedikit, tentu penyimpanan akan lebih cepat penuh apalagi jika anda memasang aplikasi.

Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menambahkan ruang penyimpanan tambahan di perangkat android anda, yaitu: Micro SD.

Harga Micro SD sekarang sudah terjangkau, dengan uang 100 ribu anda sudah bisa membeli penyimpanan eksternal dengan kapasitas 64 GB di toko online maupun offline.

Nah itulah bagaimana cara mengatasi penyimpanan yang tiba-tiba penuh di perangkat android.
Tag