Cara Merubah Simbol Pemisah Rumus Microsoft Excel

Cara merubah simbol pemisah atau separator titik koma (;) menjadi koma (,) atau sebaliknya dari koma (,) menjadi titik koma (;) pada rumus microsoft excel. Sebagian orang akan mengalami kesulitan ketika menggunakan rumus excel dengan simbol pemisah yang tidak sering maupun pernah dipakainya dalam penulisan rumus di microsoft excel.

Buat anda yang kesulitan dalam adaptasi menggunakan simbol pemisah rumus yang belum pernah digunakannya sebelumnya, anda tidak perlu khawatir pada tutoral ini Maskode akan menjelaskan cara untuk mengganti simbol pemisah pada rumus excel. Sebelum itu, berikut ini adalah perbedaan penggunaan simbol pemisah negara kita (Indonesia) dengan negara luar (Internasional), warna merah:

Contoh pada Rumus IF (Kondisi/Logika).
  • Internasional : =IF(B3>=75,"Lulus","Tidak Lulus") - Simbol pemisah koma).
  • Indonesia =IF(B3>=75;"Lulus";"Tidak Lulus") - Simbol pemisah titik koma).

Standart negara Indonesia dalam penggunaan separator atau symbol decimal berbeda dengan negara luar. Di negara Indonesia menggunakan simbol pemisah titik koma (;) sedangkan dinegara luar hanya menggunakan koma (,).

Apabila Anda ingin merubah penggunaan separator ke standart negara atau sebaliknya, silakan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

Cara Merubah Simbol Pemisah "Separator" Rumus Excel

Pertama silakan anda masuk ke halaman Control Panel, kemudian pada "Clock, Language and Region" pilih Change date time, or number formats.

Cara Merubah "Titik Koma" (semicolon) Menjadi "Koma" Rumus Excel
Maka akan muncul sebuah kotak menu "Region" seperti gambar dibawah ini, pada tab menu pilih Format kemudian silakan klik tombol Addtional settings...
Cara Merubah "Titik Koma" (semicolon) Menjadi "Koma" Rumus Excel

Maka akan muncul lagi kotak menu "Customize Format", pilih tab Numbers cari List separator kemudian silakan anda ganti simbol penggunaan separator / pemisah sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Merubah "Titik Koma" (semicolon) Menjadi "Koma" Rumus Excel

Selanjutnya yang terkahir silakan klik tombol Apply kemudian klik tombol OK.

Catatan: Apabila yang Anda kerjakan untuk cakupan Internasional maka disarankan menggunakan standart Internasional (koma) meskipun Anda tidak terbiasa dalam menggunakan pemisah koma.

Silakan Anda buka kembali aplikasi microsoft excel untuk menerapkan simbol pemisah rumusnya. Itulah cara untuk merubah simbol pemisah / separator rumus microsoft excel, apabila Anda terdapat kesulitan dalam artikel ini silakan berkomentar.
Tag