5 Tips Membuat Password yang Lebih Kuat

Membuat Password yang Lebih Kuat

Password adalah kumpulan karakter untuk memverifikasi identitas pengguna ketika log in (masuk) ke dalam sebuah aplikasi, website atau media sosial. Sistem keamanan akan membandingkan kode-kode yang dimasukkan oleh pengguna di basis data yang tersimpan dalam sistem.

Apabila kode yang dibandingkan cocok, maka sistem akan mengizinkan akses kepada pengguna terhadap layanan dan sumber daya yang ada di dalam sistem tersebut, sesuai dengan level keamanan yang dimiliki oleh pengguna tersebut.

Password merupakan gabungan dari beberapa karakter teks alfabet (A-Z, a-z), angka (0-9), atau simbol yang susah untuk ditebak oleh orang lain. Meskipun begitu, saat ini banyak pengguna yang menggunakan kata sandi berupa kata-kata yang umum dan mudah diingat. Hal ini membuat akun mereka mudah untuk diretas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Baca juga: Cara bagaimana merubah nama dan katasandi hotspot di android

Maka sebab itulah membuat password yang lebih kuat, merupakan upaya untuk menjaga akun dari pencurian akun yang dilakukan oleh orang lain. Pada artikel ini maskode akan memberikan anda tips-tips cara membuat password yang kuat dan tidak mudah untuk diretas.

5 Tips Membuat Password yang Lebih Kuat

1. Buat password yang panjang
Ketika membuat password pada sebuah akun sosial media atau sebagainya, pastikan katasandi yang anda buat memiliki banyak karakter dan setidaknya panjang password minimal 8 karakter.

2. Jangan gunakan kata atau kalimat umum
Untuk membuat password yang kuat, pastikan anda tidak menggunakan kata-kata ataupun kalimat yang umum. Sangat disarankan untuk membuat katasandi dengan menggunakan kombinasi huruf besar-kecil, angka dan simbol.

3. Uji coba password
Anda dapat menguji katasandi yang telah dibuat tersebut untuk mengetahui apakah katasandi yang anda buat benar-benar kuat atau lemah. Cek password anda di: Password Strength Checker.

4. Jangan gunakan katasandi yang sama dengan akun lainnya
Pastikan anda tidak menggunakan satu password berulang kali, artinya sangat tidak disarankan untuk membuat katasandi yang sama dengan katasandi di akun media lainnya.

Baca juga: Cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di laptop

5. Jangan gunakan pertanyaan keamanan
Kenapa tidak boleh menggunakan pertanyaan keamanan? ini kan bagus ketika kita lupa dengan password yang dimilikinya. Memang fitur ini sangat berguna sekali untuk membantu pengguna ketika lupa dengan katasandi yang dibuatnya. Namun anda harus tahu bahwa banyak orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan fitur ini untuk berusaha mengetahui katasandi yang anda miliki.

Nah itulah bagaimana tips untuk membuat password yang benar-benar kuat sehingga tidak mudah untuk di retas oleh orang lain. Pastikan anda selalu menggunakan password yang lebih kuat dan katasandi tidak digunakan berulang-ulang di akun media yang lainnya.