Pengalaman Mengambil PIN Adsense di Kantor Pos Indonesia

PIN Adsense adalah sebuah prosedur yang digunakan untuk menverifikasi alamat, Google akan mengirimakan sebuah surat yang didalamnya terdapat kode unik kepada alamat publisher dengan ketentuan saldo berada diambang batas yaitu $10 atau 130.000 rupiah.

Surat PIN yang dikirimkan akan sampai ke alamat publisher 2 - 4 minggu dan bisa saja lebih lama tergantung lokasi anda berada. Dengan menggunakan layanan pengiriman universal dan tidak memiliki no resi / pelacak.

Surat PIN Google Adsense

Namun, terkadang terdapat beberapa kasus surat yang di kirimkan oleh Google Adsense tidak pernah sampai ke alamat tujuan. Sehingga anda harus melakukan permintaan pengiriman surat PIN ulang dan anda hanya dapat melakukan permintaan kirim PIN maksimal 3 kali.

Sebelum melakukan permintaan ulang PIN Adsense, sebaiknya pastikan alamat rumah anda telah ditulis selengkapnya seperti jalan, nomor rumah, kecamatan, kelurahan dan jangan lupa nomor telepon.

Pada artikel ini saya sedikit membagikan pengalaman saya ketika mengambil surat PIN adsense di Kantor Pos Indonesia. Sebelumnya Google telah mengirimkan surat PIN adsense yang pertama pada 28 Juli 2019 dan sayapun selalu menunggu dirumah untuk menantikan pak pos mengantar surat tersebut, namun hingga tanggal 8 September 2019 masih belum sampai di rumah.

Dikarenakan sudah 1 bulan lebih belum datang juga, akhirnya saya browsing dan bertanya di Internet untuk mencari informasi mengenai cara untuk mendapatkan PIN Adsense. Ternyata banyak yang menyarankan agar mendatangi kantor pos untuk mengambil surat PIN adsense yang dikirimkan oleh Google.

Pada tanggal 10 september 2019, saya berinisiatif untuk mendatangi kantor pos pusat di kota saya, Pasuruan - Jawa Timur untuk mengambil surat PIN adsense.

Baca juga: Bagaimana cara agar blog di setujui program Google Adsense

Sesampai di Kantor Pos Indonesia saya langsung pergi ke bagian gudang barang penyimpanan dan bertanya pada pak pos, berikut dialognya:

Saya: Permisi pak, mau tanya apakah ada kiriman surat dari Google Adsense atas nama bla... bla.. Dan beralamat bla... bla...
Pak pos: Sebentar ya mas, saya ambilkan surat-surat Google Adsense (ternyata banyak sekali surat yang belum sampai / diambil).
Pak pos: atas nama siapa mas?
Saya: atas nama bla... bla... beralamat di bla... bla...
Pak pos: Sebentar saya cari satu persatu dan (setelah 2-3 menit) ini mas surat atas nama anda.
Saya: Terima kasih, pak. (Akhirnya surat PIN saya terima)

Nah itulah pengalaman saya ketika mengambil PIN Adsense di Kantor Pos Indonesia. Apabila surat milik anda masih belum sampai (+1 bulan) sebaiknya anda datangi terlebih dahulu ke kantor pos terdekat di lokasi anda berada, sebelum ngajukan kembali permintaan kirim ulang PIN untuk verifikasi alamat.