Cara Menghindari Penipuan Belanja Online

Belanja merupakan sesuatu aktifikas yang menyenangkan dan juga dapat menghilangkan stres. Dengan adanya teknologi membuat belanja semakin mudah tanpa harus keluar dari rumah sudah dapat membeli barang secara online.

Meskipun adanya teknologi ini bagus karena memudahkan kita untuk belanja online, namum anda harus berhati-hati sebab banyak penjualnyang tidak bertanggung jawab dengan menipu pembeli.

Sudah banyak pembeli belanja online tertipu oleh penjual yang curang, misalnya barang yang dikirim tidak sesuai ekspetasi atau bahkan barang tidak dikirim sama sekali oleh penjual.

Untuk mengatasi hal tersebut dan terhindar dari penipuan belanja online, saya akan memberitahukan anda beberapa tips sebelum melakukan pembelanjaan secara online.

Tips terhindar penipun belanja online

Tips Terhindar dari Penipuan Belanja Online

1. Hindarilah harga murah
Banyak sekali penjual online yang menjual produk-produknya dengan harga jauh lebih murah dari harga standartnya. Dan banyak pembeli yang tergiur dengan harganya dan akhirnya mereka tertipu.

Jadi jangan mudah percaya sama produk dengan harga yang murahan, hari ini penjual mau rugi mana mungkin. 

2. Menggunakan rekening bersama
Jika anda membeli barang secara online, jangan pernah mau transfer uang langsung ke rekening penjual, kecuali anda mengetahui penjual tersebut.

Pastikan selalu menggunakan jasa rekber (rekening bersama) terpercaya untuk menghindari penipuan, seperti: tokopedia, shoope, bukalapak dan sebagainya.

Baca juga: Tips sukses melakukan bisnis online shop

3. Cek reputasi penjual
Apabila anda membeli barang di marketplace (tokopedia, shoope, dkk) usahakan membeli produk pada penjual yang telah memiliki ulasan dan rating bagus serta toko masih aktif.

Bukan berarti toko yang tidak memiliki reputasi itu penipu, ya. Anda bisa membeli barang dari toko yang masih belum memiliki reputasi, namun tanya-tanyalah terlebih dulu ke penjualnya.

Catatan:
Apabila anda sudah terlanjur membeli barang secara online dan merasa tertipu. Sebaiknya anda hubungi / datangi kantor bank langsung dan berikan penjelaskan bahwa anda telah tertipu dengan menunjukan bukti transfer dan pencakapan bila ada.

Dengan begitu rekening penipu akan dibekukan sementara sehingga uang tidak dapat di tarik. Selain itu pihak bank akan mencoba menghubungi penjual untuk menyeselaikan masalah anda. Apabila penjual terbukti melakukan penipuan maka uang anda akan dikembalikan oleh bank sepenuhnya.
Tag