7 Tips Smartphone Tidak Panas Bermain Game


Cara mengatasi smartphone agar tidak panas ketika bermain game
Maskode.com — Jika anda merupakan seorang yang memiliki hobi atau mengisi waktu luang dengan bermain game online maupun offline di smartphone, pasti pernah merasakan suhu tinggi pada smartphone yang membuat perangkat panas.

Bermain game di perangkat seluler smartphone terkadang dapat membuat suhu pada perangkat meningkat dan memanas, terutama bermain game berat. Tentu hal dapat membuat pengalaman bermain game tidak nyaman disebabkan suhu panas pada smartphone.

Pada artikel ini Maskode akan memberikan tips agar smartphone tidak panas ketika digunakan untuk bermain game. Lantas bagaimana biar smartphone tidak memanas ketika bermain game di perankat seluler?

7 Tips Smartphone Tidak Panas Ketika Bermain Game


1. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Penggunaan tingkat kecerahan layar smartphone yang tinggi akan mengonsumsi baterai lebih banyak dan kinerja perangkat lebih tinggi.

Selain itu kecerahan layar yang tinggi juga dapat membuat perangkat rentan panas, apalagi jika di gunakan untuk bermain game yang berat. Maka dari itu, anda dapat mengurangi tingkat kecerahan layar smartphone untuk mencegah perangkat memanas.

2. Tidak Sambil Charging

Banyak orang yang bermain game sambil melakukan pengisian daya / charging untuk menghindari penundaan permainan yang disebabkan daya baterai habis. Tentu hal ini kurang baik, sebab smartphone sedang menerima aliran listrik untuk mengisikan daya baterai.

Apabila penggunaan smartphone dalam kondisi charging dan dilakukan bersamaan untuk memainkan game, hal ini dapat membuat peningkatan suhu smartphone naik dratis dan tentu hal tidak baik untuk perangkat karena suhu panas dapat membuat kinerja menurun selain itu juga dapat merusak baterai.

Sebab itulah, pastikan anda telah mengisi penuh daya baterai sebelum smartphone digunakan untuk bermain game dan jangan sambil charging perangkat ketika bermain game.

3. Tempat Bermain

Lokasi anda berada juga dapat mempengaruhi suhu pada perangkat. Apabila anda berada tempat yang memiliki suhu tinggi / panas, hal ini dapat membuat perangkat smartphone lebih mudah memanas ketika dibuat bermain game.

Maka dari itulah sebaiknya anda bermain game di tempat yang memiliki suhu rendah dan sejuk seperti didalam ruangan yang terdapat pendingin misalnya: AC maupun Kipas.

4. Melepas Case

Jika smartphone yang anda memiliki terdapat casing tambahan untuk melindungi bodi dari lecet / goresan. Namun, perlu anda ketahui bahwa bodi pada smartphone terdapat budiran besi halus yang berfunsi sebagai konduktor guna untuk mengeluarkan suhu panas yang ada didalam perangkat.

Apabila anda menggunakan smartphone untuk bermain game dan tidak melepas casing dapat membuat panas yang dikeluarkan oleh konduktor tersumbat oleh case sehingga membuat perangkat smartphone memanas yang berlebihan.

Sebab itulah anda harus melepaskan casing ketika bermain game untuk menghindari tersumbatnya suhu panas yang dikeluarkan oleh konduktor dan tentu hal ini membuat suhu perangkat lebih stabil dan tidak memanas berlebihan.

5. Menutup Aplikasi Lain

Salah satu penyebab panas smartphone yang di sering temukan adalah berjalannya aplikasi lain bersamaan ketika sedang bermain game.

Apabila banyak aplikasi yang sedang terbuka dan aktif, tentu hal ini dapat membuat kinerja smartphone bekerja lebih keras dan sehingga membuat perangkat memanas. Selain itu juga penggunaan aplikasi bersamaan sambil bermain game dapat membuat ruang kosong pada RAM (Random Access Memory) penuh dan membuat permainan game akan lag / patah-patah.

Sebaiknya anda menutup semua aplikasi yang sedang tidak sedang digunakan ketika bermain game, terutama jika perangkat smartphone memiliki kapasitas RAM yang kecil.

6. Menggunakan Wi-Fi

Apabila anda suka bermain game online yang membutuhkan koneksi internet untuk memainkannya. Maka sebaiknya gunakan jaringan umum Wi-Fi, karena penggunaan data seluler dapat membuat kinerja smartphone bekerja lebih keras untuk mencari sinyal, terutama di area yang susah mendapatkan sinyal.

Penggunaan data seluler juga dapat membuat perangkat memanas yang disebabkan karena smartphone berusahan mencari sinyal terbaik. Selain itu, juga dapat membuat baterai lebih boros dibandingkan menggunakan jaringan wireless.

7. Sesuai spesifikasi perangkat

Banyak orang yang memainkan game di perangkat smartphone meskipun game tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat yang digunakannya. Tentu hal ini membuat kinerja perangkat bekerja lebih keras untuk memainkan game tersebut, alhasil perangkat mudah sekali memanas dan game akan sering mengalami lag.

Sebaiknya anda tidak memaksakan smartphone untuk memainkan game berat yang tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat. Mainkanlah game-game yang kompatibel dengan perangkat anda untuk mendapatkan pengalaman bermain game lebih menyenangkan.

Itulah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk menghindari smartphone panas ketika digunakan untuk bermain game dan selamat bermain.
Tag