Cara Refresh Windows 10 dengan Mudah

Pada sistem operasi windows 10 terdapat fitur untuk merefresh sistem kembali seperti semula. Hal ini sangat berguna buat anda yang ingin mengembalikan sistem operasi windows 10 semula tanpa harus melakukan instalasi sistem atau install ulang. Sebelum membahas tutorial cara refresh Windows 10, saya akan sedikit menjelaskan mengenai refresh pada Windows.

Perlu anda ketahui bahwa, Refresh windows yang dimaksud disini bukan refresh pada dekstop yang biasanya menggunakan tombol F5 pada keyboard atau dengan mouse klik kanan lalu refresh.

Lalu apa yang dimaksud Fresh pada Windows?

Fresh Windows adalah cara yang digunakan untuk mengembalikan sistem operasi Windows dalam keadaan semula dan masih fresh, tepatnya hampir sama seperti install ulang maupun reset. Ketika melakukan Refresh sistem, aplikasi tambahan seperti microsoft office, browser, antivirus dan lain sebagainya termasuk juga driver akan dihapus.

Baca juga: Cara restore sistem operasi Windows 10

Namun anda tidak perlu khawatir soal data file personal, sebab Refresh Windows tidak menghapus file-file peronsal yang terdapat di Documents, Downloads, dan sebagainya. Selain itu aplikasi-aplikasi yang dipasang melalui Windows Store akan tetap ada. Sebaiknya refresh windows dilakukan apabila sistem operasi mengalami kendala, misalnya sistem windows tidak bekerja dengan baik seperti sebelumnya.

Cara Melakukan Refresh Windows 10

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan Refresh sistem pada Windows 10, yang dapat anda ikuti.

Cara Melakukan Refresh Windows 10
  1. Pertama tekan tombol key Windows + i atau ketikkan "Settings" pada kolom pencarian windows. 
  2. Kemudian pilih dan klik menu Update & Security
  3. Setelah itu pilih tab Recovery. Pada bagian bilah kanan terdapat opsi "More recovery Options" silakan anda klik tautan Learm how to start afresh with a clean installation of Windows.
  4. Maka akan muncul peringatan Do yo mean to switch Applications? untuk beralih ke Windows Defender. Klik tombol Yes
  5. Setelah itu klik Get Started. Jika ada peringatan user account control, klik saja yes untuk memperbolehkan. 
  6. Setelah itu akan muncul peringatan Fresh start, silakan klik Next
  7. Selanjutnya akan ada daftar aplikasi yang akan di hapus, silakan klik Next
  8. Pada langkah terakhir klik Start. untuk memulai proses Refresh Windows dan tunggu proses persiapan, jika selesai akan melakukan restart otomatis. Dan tunggu lagi untuk proses Refresh dan Installing windows.

Nah itulah tutorial bagaimana cara melakukan Refresh Windows 10 dan kurasa langkah-langkah diatas sudah cukup jelas serta mudah dipahami.