Cara Mengecek IMEI, Apakah Terdaftar Legal atau Belum

Untuk menekan penjualan handphone ilegal atau black market, Kementrian Perindustrian telah mengeluarkan peraturan untuk pengguna ponsel ilegal yang mana akan diblokir sehingga tidak dapat digunakan semestinya dan akan mulai berlaku 17 Agustus 2019.

Apabila anda membeli ponsel di black market ketika peraturan ini sudah berlaku, ponsel anda akan diblokir oleh pemerintah sehingga tidak dapat digunakan dengan normal. Namun, apabila anda sebelumnya membeli handphone di black market sebelum peraturan tersebut berlaku 17 Agustus 2019 tidak akan diblokir langsung, tetapi ketentuan masa pakainya akan ditentukan kemudian sesuai dengan peraturan perundang-undagan yang berlaku.

Jika anda membeli ponsel dari luar negri setelah peraturan berlaku, anda tidak perlu khawatir sebab ponsel tetap bisa dipakai dengan normal. Selama proses importasinya mnegikuti ketentuan peraturan  perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Untuk mengetahui apakah ponsel yang anda miliki sudah terdaftar legal atau belum, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Sebelum itu pastikan anda telah mengetahui IMEI ponsel, jika belum tau ada beberapa cara untuk melihat IMEI sebagai berikut:

Cara Mengetahui IMEI Ponsel
  1. IMEI dapat dilihat dibagian dusbuk / kotak ponsel.
  2. IMEI juga dapat melihat kode IMEI melalui pengaturan ponsel, Pengaturan > Tentang Ponsel / Status.
  3. Anda juga dapat mengetahui IMEI dengan menggunakan dialer berikut: *#06#

Cara Mengecek Apakah IMEI, Apakah Ponsel Sudah Terdaftar Legal atau Belum

Untuk mengetahui ponsel yang anda miliki sudah terdaftar sebagai legal atau belum, anda dapat mengecek IMEI melalui halaman website resmi kemenperin, https://imei.kemenperin.go.id.

Kemudian silakan anda masukkan nomor IMEI ponsel ke dalam kolom pengecekan IMEI dan klik tombol pencarian. Apabila muncul teks seperti berikut: IMEI terdaftar di database Kemenperin. Itu menandakan bahwa ponsel yang anda miliki resmi dan dapat digunakan.
Cara Mengecek IMEI, Apakah Sudah Terdaftar Legal

Nah itulah bagaimana cara untuk mengecek IMEI, apakah sudah terdaftar atau belum di database Kemenperin. Pastikan anda membeli ponsel secara resmi agar ponsel dapat digunakan semesti dan tidak diblokir oleh pemerintah.

Next

Previous

1 comment:

  1. Wahhh ak juga pernah mendengar issue ini, tapi punyaku pun tidak terdaftar sih, karena issue seperti ini di kelas jadi rame dan panas haha.. Karena ada yang baru beli hape baru belasan juta eh IMEI nya ga terdaftar kan nyesek banget tuh, tapi kebanyakan gak terdaftar sih, padahal ak belinya langsung dari yang punya merk resmi di Indonesia, apa mungkin dari pemerintahnya gak semua nya masuk ya? Bingung juga,

    ReplyDelete

2019 © Maskode.com - All right reversed.