Perbedaan Hard Reset dan Soft Reset di Android

Perbedaan Hard Reset dan Soft Reset Android
 Ada kalanya ponsel android harus dilakukan reset system, hal ini bertujuan untuk mengatasi masalah error atau sebagainya yang terjadi pada perangkat mobile android. Apabila ponsel android anda mengalami kondisi yang mengharuskan untuk direset, tapi anda tidak tau caranya atau masih binggung apa itu reset? Nah, pada pembahasan ini saya akan menjelaskan perbedaan dari hard reset dan soft reset yang ada di Android.

Hard Reset

Pengertian dari hard reset adalah cara yang digunakan untuk mengembalikan perangkat smartphone android ke dalam pengaturan awal / pabrik, sehingga sistem akan kembali seperti semula ketika anda baru membeli ponsel ini. Perlu anda ketahui bahwa melakukan hard reset akan menghapus semua file-file seperti aplikasi, dokumen, musik, video dan sebagainya yang tersimpan di memori internal pada ponsel.

Sebelum melakukan hard reset, sangat dianjurkan buat anda untuk membackup (cadangan) file-file yang penting terlebih dulu. Baca juga: Cara mengatasi smartphone Nokia yang hang

Cara Backup ke Google Drive

Pada ponsel android terdapat fitur untuk membackup file secara online yang akan di simpan ke Google Drive di akun Google Anda, secara harian, bulanan atau ketika dibutuhkan saja.

File yang akan di backup sebagai berikut: aplikasi dan data aplikasi, riwayat panggilan, kontak, setelan perangkat, dan pesan singkat.

1. Buka pengaturan > Sistem
2. Pilih menu Backup dan aktifkan
3. Klik tombol Backup sekarang

*Pastikan ponsel memiliki koneksi internet, untuk menggunakan fitur backup ke Google Drive ini

Cara melakukan Hard Reset

  1. Buka pengaturan > Sistem
  2. Pilih Opsi setel ulang
  3. Maka terdapat 3 pilihan reset yaitu: Setel ulang network (bluetooth, data seluler dan Wi-Fi), Setel ulang pref aplikasi, dan Setel ke settingan pabrik.
  4. Pilih setel ke settingan pabrik dan tunggu hingga proses selesai.

Catatan:
  • Setel Network, digunakan untuk mengembalikan pengaturan networking ke semula.
  • Setel pref aplikasi, digunakan untuk mengembalikan settingan (pemberian izin) aplikasi yang ada dalam ponsel.

Soft Reset

Berbeda dengan hard reset yang menghapus semua file, Soft reset adalah proses yang digunakan untuk mengembalikan keadaan tanpa menghilangkan file. Soft reset dibutuhkan ketika perangkat android mengalami kondisi hang atau bootloop ringan (stuck logo). Baca juga: Cara memaksimalkan kinerja ponsel Android

Cara melakukan Soft Reset

Anda dapat menekan tombol Power dengan Volume up dan tahan hingga 15 detik sampai ponsel bergetar, sehingga ponsel akan merestart dengan sendirinya. *Tidak semua ponsel menggunakan cara diatas untuk soft reset sebaiknya anda cek di halaman website resmi ponsel anda cara melakukan soft reset.

Anda pun juga dapat melakukan soft reset dengan mencabut baterai dari ponsel dan tunggu hingga 20 - 30 menit, kemudian pasang kembali baterai dan nyalakan ponsel android anda. Dan demikianlah dari artikel ini mengenari perbedaan antara hard reset dengan soft reset yang terdapat pada perangkat mobile android.
Tags:
Textual description of firstImageUrl