Cara Mengatasi Perut Kembung secara Alami

Cara Mengatasi Perut Kembung secara Alami
Perut kembung dapat membuat aktivitas anda terasa tidak nyaman. Pada umumnya penyebab perut kembung tidaklah berbahaya dan dapat mereda dengan sendirinya. Kembung disebabkan oleh pembengkakan abnormal atau peningkatan diameter di daerah perut, sehingga membuat perut terasa sangat penuh dan menyebabkan sakit perut.

Perut kembung dapat terjadi karena adanya gas yang berlebihan di dalam perut, sehingga menimbulkan rasa tak nyaman yang dapat mengganggu aktivitas anda. Namun, anda tidak perlu khawatir sebab ada berbagai cara alami untuk mengatasi perut kembung seperti dibawah ini.

Cara Mengatasi Perut Kembung secara Alami

Perut kembung dapat disebabkan oleh berbagai macam, misalnya terdapat reaksi kimia dari makanan tertentu yang anda konsumsi sehingga memproduksi gas yang berlebih di dalam perut, atau bisa saja dikarena akibat pencernaan lainnya seperti sindrom iritasi usus dan sembelit.

1. Minum air
Makanan yang tidak dapat dicerna dengan benar oleh tubuh dapat membuat perut menjadi kembung. Kurangnya minum air bisa menyebabkan perut kembung berlebihan.Untuk mengatasi perut kembung yang pertama, anda dapat dengan meminum beberapa gelas air putih untuk membantu menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh.

2. Sengajakan kentut atau sendawa
Untuk mengatasi perut kembung yang kedua, dengan kentut atau sendawa. Sebaiknya anda tidak menahan kentut maupun sendawa ketika perut sedang kembung, sebab kentut dan sendawa adalah cara alami terbaik untuk mengeluarkan gas yang berlebihan di dalam perut.

Apabila perut sedang kembung, carilah kesempatan untuk menjauhkan diri dari orang-orang disekitar untuk membuang gas, agar anda tidak malu ketika sedang kentut atau sendawa. Anda juga dapat mengeluarkan gas yang berlebihan dengan buang air besar dan yang pasti dapat membuat perut anda merasa lebih lega.

3. Menggerakkan tubuh
Cara yang ketiga untuk menghilangkan rasa tak nyaman yang disebabkan perut kembung adalah dengan bergerak. Sebaiknya anda menggerakkan tubuh dengan berjalan kaki sebentar selama 10 menit, hal ini berguna untuk mengendurkan otot-otot usus sehingga dapat mengalirkan kelebihan gas yang ada di dalam perut.

Apabila metode diatas tidak cukup ampuh untuk mengatasi perut kembung, anda bisa membeli obat anti-kembung yang mengandung simetikon di apotek untuk membantu anda mengeluarkan gas yang berlebihan dari tubuh.

Setelah selesai mengatasi perut yang kembung, sebaiknya anda juga harus tau penyebab mengapa perut bisa mengalami kembung.