Cara Menambah Kapasitas Virtual Memory di Windows 10

Virtual Memory adalah sebuah tempat penyimpanan data sementara dari hard disk, seperti RAM (Random Access Memory). Namun, Virtual Memory hanya penampung kelebihan data dari kapasitas RAM, sehingga apabila RAM tidak dapat menyimpan seluruh data yang besar maka sisa dari ukuran data akan di tampung oleh Virtual Memory.

Apabila anda pernah melakukan install sistem operasi berbasis Linux, pastikan akan disuruh membuat SWAP untuk Virtual Memory, biasanya kapasitas Virtual Memory ini direkomendasikan 2x dari kapisitas Random Access Memory. Misalnya saja, RAM di komputer anda memiliki kapasitas 2GB maka anda diharuskan untuk membuat Virtual Memory dengan kapasitas 4GB.

Pada sistem operasi berbasis Windows 10 maupun versi lainnya, secara default (bawaan) kapasitas Virtual Memory dikelola secara otomatis oleh sistem. Namun anda juga dapat memanajemen kapasitas dari Virtual Memory sesuai keinginan anda. Apabila anda tidak mengetahui caranya, di kesempatan ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk menambahkan kapasitas dari Virtual Memory di Windows 10.

Cara Menambah Kapasitas Virtual Memory di Windows 10

Apabila anda menggunakan Windows 7 maupun Windows 8, kurang lebih cara untuk penambahkan kapasitas dari Virtual Memory sama saja. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Pertama buka File explorer, setelah itu klik kanan dan pilih properties pada This PC. Atau anda juga dapat melalui Control Panel > System Security > System.
Cara Menambah Kapasitas Virtual Memory di Windows 10
Setelah itu klik Advanced system settings, maka akan muncul kotak System properties dan silakan anda pilih tab Advanced kemudian klik menu settings pada grup Performance.
Cara Menambah Kapasitas Virtual Memory di Windows 10
Kemudian akan muncul kotak Performance Options, silakan pilih tab Advanced dan klik Change pada bagian Virtual Memory.

Pada kotak Virtual Memory, hilangkan tanda ceklistnya "Automatically manage paging file size for all drives" terlebih dahulu. Kemudian pilih Custom dan atur ukuran kapasitas Virtual Memory yang anda inginkan Initial size dan Maximal size, setelah itu klik tombol Set dan klik tombol Ok untuk menyimpan perubahan.
Cara Menambah Kapasitas Virtual Memory di Windows 10
Terakhir silakan merestart komputer atau laptop anda, agar perubahan dari kapasitas Virtual Memory dapat diterapkan pada sistem. Demikian dari artikel tentang cara menambah kapasitas Virtual Memory di sistem operasi Windows dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda semuanya.