Cara Memaksimalkan Kinerja Android di Smartphone

Cara Memaksimalkan Kinerja Android di Smartphone
Android adalah sebuah sistem operasi yang dirancang untuk perangkat layar sentuh seperti smartphone dan tablet berbasis Linux yang saat ini dikembangkan oleh Google. Pada saat ini pengguna smartphone dengan sistem operasi Android sangat digemari oleh masyarakat. Hal ini karena banyak para vendor perangkat ponsel yang menggunakan Android sebagai sistem utamanya sehingga membuat popularitas Android meningkat pesat.

Namun, pernah kah Anda merasa kinerja smartphone Android kurang maksimal meskipun ponsel memiliki RAM (Random Access Memory) yang cukup besar. Apabila Anda mengalami hal tersebut, sepertinya Anda harus melakukan beberapa tips dibawah ini agar kinerja ponsel Android bekerja secara maksimal.

1. Menghentikan proses aplikasi yang sedang berjalan di background
Program aplikasi yang berjalan di background membutuhkan ruang sementara, sehingga dapat menguras ruang RAM dan membuat kinerja ponsel Anda kurang masikmal. Apabila aplikasi tersebut tidak begitu penting lebih baik Anda hentikan berjalan untuk menghemat ruang penyimanan sementara atau RAM.

2. Mengurangi jumlah widget pada home screen
Penggunaan widget yang terlalu banyak pada home screen itu dirasa kurang baik, hal ini juga dapat membuat kinerja smartphone Android tidak bisa maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi penggunaan widget pada home screen, sebisa mungkin hanya menggunakan widget yang memang di perlukan saja atau sebaiknya tidak perlu menggunakan widget.

3. Membersihkan cache secara berkala
Cache adalah sebuah file temporary yang didapat dari penggunaan aplikasi. Meskipun ukuran cache kecil namun tidak Anda biarkan terus menerus dapat menumpuk menjadi banyak dan dapat membuat ruang penyimpan sempit serta bisa mempengaruhi kinerja sistem Android.

Maka dari itulah sebaiknya Anda melakukan pembersihkan cache secara berkala. Kalau saya pribadi melakukan pembersihan cache di ponsel Android setiap sebulan sekali. Sekarang sudah banyak aplikasi pembersihkan memori Android yang terbaik untuk membersihkan cache yang ada di ponsel Anda.

4. Hindari penggunaan Live Wallpaper
Sebaiknya Anda tidak menggunakan Wallpaper yang berjalan pada smartphone Android Anda, hal ini karena penggunaan Live Wallpaper lebih banyak mengkonsumsi penyimpanan sementara dibandingan dengan Wallpaper biasa. Tentu hal tersebut dapat membuat kinerja ponsel tidak maksimal ketika menggunakan aplikasi yang berat seperti bermain game online.

5. Pindahkan file besar ke memori tambahan (eksternal) dan beralih ke Memory Class 10
Mulai sekarang sebaiknya Anda memindahkan file-file yang berukuran besar, sebab apabila ruang kosong pada internel tinggal dikit dapat membuat sistem kurang optimal. Oleh karena itu sebaik pindahkan semua file yang berukuran besar ke memori eksternal agar tidak membebani sistem dan sebaiknya menggunakan memori eksternal yang memiliki Class 10.

Kenapa harus menggunakan Memory External Class 10? sebab memori kelas 10 memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat di bandingkan dengan memori kelas lainnya (kebawah). Sehingga ketika Anda membuka file yang ada di memori tambahan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuka file tersebut.

Nah itulah beberapa tips untuk meningkatkan kinerja pada ponsel Android agar bekerja semaksimal mungkin dan membuat smartphone semakin kencang serta tidak lambat. Demikian dari tutorial Cara Memaksimalkan Kinerja Android di Smartphone dan semoga artikel ini dapat membantu ponsel Anda memiliki kinerja maksimal.