Maskode.com

Media berbagi informasi menarik dan terkini

Maskode.com
Maskode.com

Penyebab Blog Lama Terindex di Google

Penyebab Blog Lama Terindex di Google
Hampir semua pemilik menginginkan blognya dapat terindex dengan cepat di mesin pencarian. Sehingga ketika terdapat orang yang sedang mencari keyword (kata kunci) tertentu di Google, berharap blog dapat tampil di halaman pencarian tersebut.

Namun, terkadang banyak pemilik blog (pemula) yang mana blognya masih belum terindex di mesin pencarian Google, bahkan ada blog yang tidak terindex sama sekali. Tentu hal ini dapat membuat blog menjadi sepi pengunjung dan tragisnya banyak pemula yang langsung menyerah ketika blognya lama terindex oleh mesin pencarian.

Apabila mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda mencari permasalahannya mengapa blog lama terindex di mesin pencarian Google dan memperbaiki masalah tersebut agar blog mudah untuk di index. Nah, pada artikel ini Maskode akan mengulas sedikit mengapa blog milik Anda lama terindex oleh mesin pencarian Google.

Penyebab utama blog lama terindex oleh Google

Menurut saya pribadi, terdapat beberapa faktor mengapa blog Anda lama sekali terindexnya atau bahkan tidak terindex sama sekali di mesin pencarian. Berikut ini beberapa faktor yang dapat Anda pertimbangkan dan memperbaikinya agar blog mudah untuk terindex pencarian Google.

Baca juga: Cara agar loading blog menjadi lebih cepat

1. Struktur Data

Hal yang menyebabkan mengapa blog tidak terindex pertama adalah struktur data pada blog yang tidak sesuai sehingga mesin pencarian kesulitan untuk mengenali blog Anda. Maka dari itu pastikan Anda menggunakan template blog yang terstruktur dengan baik, agar mudah untuk dikenali oleh Google dan terindex.

Lalu bagaimana cara agar dapat mengetahui bahwa template yang digunakan memiliki struktur data yang baik? untuk melihat struktur data pada template yang dipakai, Anda dapat menggunakan tool gratis dari Google untuk mengeceknya, Structured Data Testing Tool.

2. Meta Tags

Seperti yang diketahui, bahwa meta tags berfungsi untuk memudahkan mesin pencarian Google mengenali perintah-perintah yang ada di blog. Misalnya untuk memberi tahu bahkan blog tersebut menggunakan Bahasa Indonesia dan sebagainya.

Maka dari itu pastikan bahwa Anda telah menggunakan meta tags yang baik agar Google dapat dengan mudah mengenali blog dan mengindexnya di mesin pencarian. Untuk meta tags sendiri, sudah banyak blog yang menuliskan artikel meta tags yang bisa Anda terapkan pada blog, silakan melakukan browsing dengan keyword "meta tags untuk blogger" di Google.

Oh ya, apabila Anda tidak memiliki pengetahuan tentang coding, jangan pernah mengubah meta tags, karena apabila terdapat penulisan yang salah dapat berakibat blog tidak dapat terindex di mesin pencarian.

3. Submit URL Webmaster Tool

Apabila blog yang Anda miliki belum pernah di submit ke Google Webmasters, tentu akan membutuhkan waktu yang lama agar blog Anda dikenali oleh mesin pencarian. Maka dari itu, sebaiknya Anda mendaftarkan atau submit URL ke Google Webmasters dengan begitu Google dapat merayapi blog Anda secara langsung dan mengindex blog dengan waktu lebih cepat.

Selain halaman utama blog, Anda dapat melakukan submit ke Google Webmasters ketika selesai menulis artikel baru dan mempublikasikannya, sehingga artikel tersebut dapat terindex oleh mesin pencarian Google lebih cepat.

Nah, itulah penyebab utama mengapa blog lama terindex dan solusi mengatasinya agar blog dapat terindex di mesin pencarian. Demikian dari artikel Penyebab Lamanya Blog Terindex Google ini, semoga dapat membantu Anda serta bermanfaat buat semuanya.

 
Maskode.com © 2018-2019. All right reversed.