Maskode.com

Media berbagi informasi menarik dan terkini

Maskode.com
Maskode.com

Membuat MicroSD Menjadi Memori Internal di Android

Cara Membuat MicroSD Menjadi Memori Internal di Android

Seperti yang sudah Anda ketahui, MicroSD adalah memori eksternal yang digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan, apabila dirasa kapasitas penyimpanan internal smartphone sedikit. Pada sistem operasi android 6.0 Marshmallow atau keatas terdapat sebuah fitur untuk mengubah SD card menjadi memori penyimpanan internal. Sehingga pengguna dapat memindah data, baik itu aplikasi, media atau dokumen dengan lebih mudah, dan membuat sistem bekerja dengan baik.

Memori Internal tambahan ini dikenal sebagai Expandable Storage atau Adoptable Storage sedangkan memori eksternal dikenal sebagai memori portabel. Ketika pegguna android 6.0 atau keatas memasukkan SD card akan muncul sebuah pilihan digunakan sebagai Memori Internal atau Memori Portabel.

Sebelum memutuskan untuk membuat SD card menjadi Memori Internal tambahan di smartphone android, ada baiknya jika Anda mengetahui karakteristik dari Memori Internal sebagai berikut:
  • Pilihlah Memori Internal, apabila kamu tidak pernah akan mengeluarkan SD card dari ponsel.
  • Pilihlah Memori Internal, apabila kamu memang ingin menambah kapasitas memori yang ada dan membutuhkan untuk penyimpanan aplikasi yang berukuran besar.
  • Direkomendasikan, SD card yang digunakan memiliki kecepatan yang tinggi dengan standar UHS-1 Class 10.
  • SD card selalu dienkripsi dan tidak dapat dibaca / digunakan oleh perangkat lain.
  • Ketika memilih sebagai Momori Internal, SD card akan diformat dan menjadi Adoptable Storage.
Apabila Anda sudah mengetahui karakteristik, membuat SD card menjadi memori internal dan masih binggung ingin menjadikannya sebagai memori internal. Karena SD card yang bersangkutan tersebut tidak dapat digunakan oleh perangkat lain.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menjadikan MicroSD atau SD card menjadi penyimpanan Internal tambahan di perangkat Android.
  1. Apabila kapasitas penyimpanan Internal sangat kecil, sebaiknya mengubah SD card sebagai penyimpanan Internal.
  2. Tranfer data antar perangkat dapat Anda lakukan melalui Wi-Fi, bluetooth, kabel data, dan sebagainya. Jadi tidak perlu lagi, khawatir file di SD card tidak bisa dipindah.

Mengubah SD Card menjadi Memori Internal - ketika SD Card baru dimasukkan.

  • Masukkan SD Card ke dalam perangkat.
  • Setelah itu akan muncul notifikasi SD card baru terdeteksi. Silakan Anda sentuh dan pilihlah Gunakan sebagai Penyimpanan Internal (Use as Internal Storage).
  • SD card kemudian akan diformat, dienkripsi, dan diubah menjadi expandable storage.
  • Saat diformat, Android akan melakuan uji coba kecepatan SD card yang digunakan. Apabila dirasa kurang cepat, akan ada pemberitahuan bahwa Anda mungkin akan mengalami kendala saat menggunakannya.
  • Setelah menjadi memori internal, akan ada tawaran untuk memindahkan data yang ada di memori internal bawaan ponsel ke SD card yang sudah dijadikan adoptable storage (memori internal tambahan)

Mengubah SD Card menjadi Memori Internal -  ketika SD Card sudah dimasukkan.

  • Masuk ke Pengaturan > Penyimpanan dan pilih SD card.
  • Setelah itu sentuh sentuh menu titik tiga dan kemudian pilih Setelan penyimpan > Format sebagai internal > Hapus & Format. Dan tunggu hingga proses memformat Kartu SD selesai.
Membuat MicroSD Menjadi Memori Internal di Android
  • Setelah proses memformatan selesai, akan ada pemberitahuan yang menawarkan pemindahan data ke penyimpanan baru.
  • Apabila ingin memindahkan data, pilihlah Pindahkan sekarang dan sentuh Berikutnya.
  • Maka akan muncul pemberitahuan mengenai proses waktu dan ukuran data yang dipindahkan, sentuh Pindahkan untuk memulai proses pemindahan data. Dan tunggu hingga proses selesai.
  • Apabila pemindahan sudah selesai, terakhir sentuh tombol Selesai.
Membuat MicroSD Menjadi Memori Internal di Android

Catatan:
  1. Jangan pernah mencabut SD Card.
  2. Beberapa aplikasi tidak dapat menjalan dengan baik ketika proses pemindahan data.
  3. Pastikan kondisi baterai ponsel penuh atau selalu isi daya perangkat.
Demikianlah cara membuat SD card menjadi memori penyimpan Internal pada ponsel Android 6.0 atau lebih. Dan jangan sungkan untuk berkomentar apabila mengalami masalah ketika melakukan proses mengubah SD card menjadi penyimpanan Internal.
Tags:

 
Maskode.com © 2018-2019. All right reversed.