Cara Mengatasi Iklan Sering Muncul di Android

Cara Mengatasi Iklan Sering Muncul di Android
Pernahkah smartphone berbasis android, tiba-tiba sering muncul iklan dengan sendirinya ketika ponsel memiliki akses internet? apabila ponsel Anda mengalami hal tersebut, tentu sangat mengganggu sekali karena iklan suka muncul berkali-kali dengan selisih waktu yang dekat.

Kebanyakan iklan yang muncul secara tiba-tiba di ponsel android ini, disebabkan oleh sebuah aplikasi yang sudah dimodifikasi oleh pihak ketiga dan terpasang pada smartphone Anda. Aplikasi tersebut bisa jadi didalamnya telah ditambahkan adware oleh pihak ketiga tersebut.

Adware sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang terpasang pada ponsel Android, yang mana didalam program tersebut diselipkan kode untuk menampilkan sebuah iklan pada perangkat Anda tersebut. Dengan begitu ponsel yang Anda gunakan, akan sering menerima atau menampilkan iklan pop-up yang tak diinginkan.

Lalu bagaimana cara menghilangkan adware dari ponsel, agar iklan tidak sering muncul lagi di smartphone android? buat Anda yang mengalami hal tersebut tak usah khawatir karena pada tutorial ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi iklan yang sering muncul di ponsel Android yang Anda gunakan tersebut.

3 Cara Mengatasi Iklan Sering Muncul di Android

1. Menghapus aplikasi, sumber iklan tersebut.

Kebanyakan pengguna android yang terkena adware (iklan di ponsel) terjadi karena telah memasang aplikasi di luar Google Play Store. Silakan Anda ingat-ingat terlebih dahulu, aplikasi apa yang telah Anda pasang sebelum iklan sering muncul di ponsel. Apabila sudah ketemu, silakan ada hapus atau mencopot aplikasi tersebut dari ponsel Anda.

Baca juga: Cara menghemat kuota data seluler biar tidak boros

Jangan sekali-kali memasang aplikasi di luar Google Play Store, apabila situs website maupun aplikasi tersebut tidak terpecaya. Karena bisa jadi aplikasi tersebut mengandung adware yang dapat mengganggu aktifitas Anda.

2. Pindai adware dan malware dengan aplikasi antivirus.

Apabila sudah melakukan cara yang pertama, namun iklan masih saja muncul di ponsel android. Maka yang Anda harus lakukan ialah melakukan pinda adware dan malware dengan menggunakan aplikasi antivirus yang bisa di unduh dan pasang melalui Google Play Store.

Kemungkin adware / malware sudah tertanam pada sistem, sehingga untuk menghilankannya diperlukan proses pemindaian virus pada sistem dengan menggunakan aplikasi antivirus untuk menghapus adware / malware tersebut pada ponsel. Saran antivirus: Malwarebytes, Eset, Avast, Avira dan sebagainya yang bisa Anda dapatkan melalui Google Play Store.

3. Mengembalikan ke settingan pabrik (reset factory).

Cara yang ketiga ini cukup ampuh dalam menghilangkan semua iklan yang sering muncul di ponsel Android. Dengan menggunakan fitur reset factory membuat sistem pada ponsel kembali ke semula atau settingan awal ketika baru beli. Namun, untuk menggunakan fitur ini, membuat semua data file yang ada di dalam ponsel akan terformat atau terhapus semuanya.

Baca juga: Cara menghilangkan notifikasi aplikasi tertentu

Sebelum menggunakan fitur reset factory, silakan Anda backup (cadangkan) semua file penting yang ada pada ponsel android terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan reset factory silakan buka Pengaturan > Sistem > Opsi setel ulang dan pilih Hapus semua data (reset ke setelan pabrik).

Nah itulah beberapa cara untuk menghapus iklan yang sering sekali muncul pada ponsel Android, cara diatas ini hanya untuk mengatasi iklan yang ada di android saja ya, bukan iklan dari notifikasi browser atau iklan di halaman website. Demikianlah dari tutorial ini semoga dapat bermanfaat buat Anda semuanya.
Tag