Maskode.com

Media berbagi informasi menarik dan terkini

Maskode.com
Maskode.com

Cara Menghemat Kuota Data Seluler agar Tidak Boros

Cara Menghemat Kouta Internet Data Seluler agar Tidak Boros
Dengan adanya internet kita dapat dengan mudah saling berkomunikasi dengan orang lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu dengan menggunakan ponsel ataupun komputer. Untuk bisa langsung berkomunikasi pasti membutuhkan akses internet, di Indonesia akses internet sudah lumayan bagus dan cepat terutama di wilayah perkotaan.

Namun, banyak pengguna internet mengeluh karena paket data seluler (kuota internet) yang dibelinya boros dan cepat habis. Sebenarnya kita dapat meminimalisir penggunaan kuota internet yang cepat habis, dengan begitu akan menghemat uang karena tidak perlu membeli kuota berulang kali, cukup dengan kuota yang dibeli saat itu.

Meskipun sudah ada provider di Indonesia yang menyediakan paket data internet yang Unlimited tanpa batasan kuota akan tetapi kecepatan internetnya akan dibatasi bila sudah mencapai ambang batas penggunaan wajar. Tentu hal ini dapat mengganggu aktifitas Anda yang memerlukan akses internet karena kecepatanya akan turun deratis ketika penggunaan sudah diatas batas normal.

Baca juga: 6 Cara untuk mengatasi download yang tertunda di Google Play Store

Pasalnya ketika Anda membeli paket data seluler Unlimited dengan kuota 5GB dan memiliki kecepatan 4Mb/s namun ketika penggunaan internet Anda sudah lebih dari 5GB maka kecepatan akses internet akan turun deratis menjadi 100Kb/s.

Tentu hal tersebut akan menyebalkan, namun disisi lain kita membutuhkan penggunaan internet yang nyaman dan irit. Pada artikel ini maskode akan memberikan tips untuk menghemat kuota data seluler agar tidak menjadi boros dan cepat habis.

  1. Gunakan jaringan Wi-Fi / Hotspot apabila ada: kebanyakan orang untuk menghemat kuota internet mereka menggunakan jaringan Wi-Fi umum untuk mengakses internet,. Selain itu Wi-Fi biasanya sudah unlimited dan miliki kecepatan yang stabil.
  2. Menghemat kuota dengan memantau penggunaan Data seluler: Dengan memantau pengguna internet dapat menghemat kuota internet lebih irit. Setelah mengetahui dan menganalisa pengguna data seluler digunakan untuk apa saja, maka Anda dapat mengoptimalkan kebutuhan penggunaan kuota internet tersebut.
  3. Jangan nyalakan updated otomatis aplikasi: Dengan menyalakan update otomatis program aplikasi yang ada diponsel akan diperbarui namun dapat membuat kuota internet menjadi boros. Apabila Anda menggunakan ponsel Android bisa mematikan fitur update otomatisnya melalui: Setelan Google PlayStore > Update aplikasi otomatis > Jangan update aplikasi secara otomatis.
  4. Hindarilah melakukan streaming video dan download yang tidak perlu: Sekarang banyak orang yang suka melakuka streaming video di youtube dan lain-lainnya, namun perlu Anda ketahui bahwa streaming video dapat menguras penggunaan kuota internet lebih besar. Maka dari itu hindarilah melakukan streaming video dan juga jangan download file yang tidak Anda perlukan saat ini. Saya menyarankan gunakan jaringan Wi-Fi jika ingin melakukan Streaming Video maupun download file yang besar.
  5. Gunakanlah browser yang tepat: Untuk mengakses halaman web yang cepat, juga dibutuhkan browser yang cepat dan ringan, namun tidak semua browser memiliki fitur untuk mengompress ukuran file dari situs web yang diakses tersebut. Sehingga pemilihan browser yang dapat mengompress ukuran web dapat menghemat kuota internet Anda. Saya sendiri menyarankan browser Google Chrome, Mozila Firefox dan Opera Mini.
Demikianlah dari informasi yang maskode berikan ini, untuk menghemat kuota internet data seluler agar tidak menjadi boros dan serta lebih irit. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menghemat data seluler yang Anda miliki saat ini.
Tags:

 
Maskode.com © Copyright 2019. All right reversed.