Cara Mengatasi Layar Hitam di Windows 10

Cara Mengatasi Layar Hitam di Windows 10

Layar hitam pada Windows 10 sering terjadi pada saat selesai melakukan pembaruan sistem atau pada saat selesai melakukan instalasi maupun pembaruan driver VGA. Hal ini terjadi karena ada ketidak cocok antara sistem operasi dengan driver VGA sehingga dapat menyebabkan terjadinya Black Screen dan hanya muncul kursor pada layar komputer.

Lalu bagaimana untuk mengatasi Layar Hitam, biar sistem operasi kembali normal? agar dapat kembali normal silakan Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengatasinya.

Baca jugaCara restore sistem operasi Windows 10 dengan mudah

Cara Mengatasi Layar Hitam di Windows 10 dengan mudah

Langkah 1: Masuk ke mode aman atau Safe Mode, dengan cara nyalakan komputernya kemudian pada halaman Sign-in di Windows tekan dan tahan tombol shift dan klik icon power kemudian pilih Restart. Apabila berhasil masuk ke Safe Mode lewati langkah 2 hingga 4.

Langkah 2: Apabila tidak bisa masuk ke Sign-in Windows, silakan nyalakan komputer sambil menekan-nekan tombol shift atau F8 hingga masuk ke halaman Choose an option.

Langkah 3: Setelah itu di halaman Choose an option, silakan Anda pilih tab menu Troubleshoot dan pilih Advanced options.

Baca juga: Cara mempercepat kinerja komputer kembali normal

Langkah 4: Kemudian di halaman Advanced options, silakan Anda pilih tab menu Startup Settings setelah itu pilih Restart, kemudian masuk ke Safe Mode dengan tekan tombol 4 atau F4 pada keyboard.

Langkah 5: Silakan Anda uninstall driver VGA-nya, dengan masuk ke Control Panel > Hardware and Sound > Device Manager atau ketikan pada kotak pencarian "Device Manager" dan tekan Enter.

Langkah 6: Silakan Anda cari Display Adapter dan kemudian silakan Anda uninstall driver VGA-nya. Dan silakan Anda restart sistem operasinya, agar bisa masuk kembali ke mode normal.

Langkah 7: Silakan Anda install driver VGA yang cocok dengan sistem operasi Windows 10, saya menyarankan melalui DriverPack Solution.