Tips Sederhana untuk Berhenti Merokok

Rokok merupakan salah satu komoditas yang dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia, meskipun begitu rokok dijual secara bebas dan mudah untuk didapatkannya. Banyak pengguna rokok mengetahui bahaya dari merokok, meskipun begitu mereka menghiraukan resikonya dan tetap merokok, ini dikarenakan merokok dapat menghilangkan stres dari banyaknya pekerjaan atau bisa membuat diri menjadi lebih rileks.

solusi berhenti merokok dengan baik dan aman

Di Indonesia sendiri, menurut Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia atau IAKMI mengatakan bahwa 51,1 persen masyarakat Indonesia adalah perokok aktif dan merupakan angka tertinggi di Asia Tengara.

Berikut ini, beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari merokok bagi kesehatan tubuh:
  • Kerusakan pada saluran pernapasan
  • Dapat memicu kondisi autoimun
  • Menghambat aliran darah
  • Jumlah ketahanan tubuh yang berkurang
  • Meningkatkan sel darah putih
  • Dan masih banyak lagi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh rokok bagi kesehatan tubuh.
Meskipun begitu ternyata masih banyak para perokok yang sadar akan kesehatan tubuhnya, sehingga mereka ingin berhenti merokok. Namun, orang yang sudah kecanduan merokok akan mengalami kesulitan ketika ingin berhenti dari merokok. Lalu bagaimana cara biar bisa berhenti merokok?

Tips Sederhana untuk Berhenti Merokok

Alasan Berhenti Merokok
Hal yang pertama adalah Anda harus memiliki alasan yang besar mengapa berhenti merokok. Hal ini bertujuan untuk menanamkan kepada diri agar Anda benar-benar serius untuk berhenti dari merokok.

Mengurangi Komsumsi Rokok
Pada dasarnya Anda tidak akan bisa dengan mudah berhenti merokok secara langsung, namun Anda dapat mengurangi komsumsi rokok setiap hari atau minggu. Ini bertunjuan untuk melatih diri Anda dalam menahan nafsu dari godaan rokok.

Misalnya: Anda tiap seminggu sekali bisa menghabiskan 14 batang rokok maka Anda harus mengurangi komsumsi rokok tiap minggunya, sehingga di minggu pertama Anda mengomsumsi 14 batang rokok maka di minggu berikutnya harus mengurangi jumlah batangnya menjadi 12 batang dan seterusnya hingga Anda benar-benar bisa menahan nafsu dari rokok.

Menghindari kumpul bareng dengan Teman
Apabila Anda merupakan orang yang memiliki banyak teman yang aktif merokok, maka sebaiknya Anda harus menghindari kumpul-kumpul bareng teman sementara waktu. Hal ini karena dapat membuat Anda mengalami godaan rokok yang lebih besar sehingga akan sulit untuk menahan nafsu merokok.

Selain itu, sebaiknya Anda juga memberitahu kepada mereka, bahwa Anda sedang berusaha berhenti merokok. Ini bertujuan agar teman Anda, dapat menerimanya dan akan tidak merokok ketika sedang berada dengan Anda.

Menemukan Aktifitas Baru
Selain itu, Anda harus memiliki aktifitas baru yang disukai. Dengan adanya aktifitas baru dapat membuat Anda lebih menjalankan kehidupan yang positif dengan begitu Anda bisa melupakan atau mengurangi rokok. Misalnya: aktifitas berolaraga seperti lari, renang atau sejenis.

Dukungan di Lingkungan Sekitar
Anda harus memiliki dukungan di lingkungan sekitar ketika ingin berhenti merokok. Dengan begitu Anda dapat melalui proses penghentian merokok yang lebih baik. Maka dari itu, Anda harus memberitahukan kepada orang-orang dilingkungan Anda berada khususnya didalam rumah. Untuk tidak merokok ketika berada di dekat Anda.

Nah, demikian dari tips sederhana ini, untuk berhenti dari kebiasanan buruk merokok. Pada dasarnya agar bisa benar-benar berhenti merokok adalah diri Anda sendiri yang menentukannya.

Next

Previous

2019 © Maskode.com - All right reversed.