Cara Mengatasi Touchpad Kursor Laptop yang Tidak Berfungsi

Cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi

Buat anda semua yang menggunakan laptop, mungkin anda pernah mengalamin situasi yang mana touchpad kursur pada laptop tidak berfungsi dengan baik. Sehingga anda tidak dapat menjalankan maupun mengarahkan kursur.

Biasanya touchpad kursur pada laptop tidak berfungsi ketika anda telah melakukan install ulang sistem operasi atau sistem operasi di laptop terkena virus yang dapat menyebabkan kursor tidak berjalan dengan baik. Apabila anda mengalami hal tersebut, anda masih dapat memperbaiki masalah ini seorang diri tanpa harus pergi ke jasa service laptop untuk memperbaikinya.

Berikut ini saya akan bagikan tutorial bagaimana untuk mengatasi touchpad atau kursor di laptop yang tidak berfungsi dengan baik:

Install / Update Driver Touchpad

Apabila kamu baru selesai melakukan instalasi ulang atau memperbarui (upgrade) sistem operasi dan touchpad tidak berfungsi maka anda harus melakukan install atau memperbarui driver touchpad di laptop.

Install atau Update Driver Touchpad sesuai dengan laptop Anda, atau gunakan aplikasi pihak ketiga untuk menginstall maupun memperbarui driver tersebut, misalnya: DriverPack Solution.

Untuk melakukan update driver langsung, silakan kamu masuk ke Device Manager Windows
  • Tekan tombol Windows di keyboard kemudian ketikan "device manager" dan tekan Enter
  • Selanjutnya silakan kamu cari "Mice and  other pointing devices" dan klik pada driver touchpad 
  • kemudian pilih tab menu Driver dan klik tombol "Update Driver ...." setelah itu pilih Search Automatically for update driver software dan ikuti langkah-langkahnya.
Baca juga: Bagaimana cara mengatasi lampu indikator laptop nyala terus setelah dishutdown

Berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, apabila touchpad kursor laptop tidak berfungsi itu dikarena tidak ada driver atau driver telah usang, sehingga tidak berfungsi dengan baik dan perlu dilakukan pembaruan driver.

Mengaktifkan Fitur Touchpad

Apabila anda telah melakukan install ataupun update driver, namun touchpad pada laptop masih tidak berfungsi, mungkin fitur touchpad secara tidak sengaja telah dinonaktifkan sehingga fungsi fitu touchpad tidak berjalan.

Untuk mengaktifkan touchpad, silakan tekan tombol Windows kemudian ketikkan "Mouse & touchpad settings" lalu tekan Enter, kemudian pada grup Touchpad silakan kamu nyalakan fungsi Touchpad menjadi On.

Cara Mengatasi Touchpad Kursor Laptop yang Tidak Berfungsi

Perbaiki di Service Center

Apabila kamu telah melakukan semua cara diatas, namun masih tidak berhasil maka solusi terakhir adalah membawa laptop Anda ke tukang servie atau service center. Kenapa begitu? ada kemungkinan hardware (perangkat keras) di laptop kamu bermasalah sehingga touchpad tidak berfungsi sama sekali.

Jika laptop masih dalam keadaan garansi resmis, lebih baik kamu ke service center resmi untuk melakukan perbaikan touchpad laptop yang tidak berfungsi tersebut dan kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membenarkan touchpad laptop yang rusak.

Next

Previous

2019 © Maskode.com - All right reversed.