Cara Memperbaiki Memory Card Rusak

Sekarang untuk menyimpan data pribadi sudah semakin canggih saja, dulu pasti Anda mengenal namanya Disket tempat penyimpan data yang hanya dapat menampung beberapa data saja, kemudian berkembang lagi dengan penyimanan USB yang memiliki ruang simpan yang banyak dan sekarang juga ada tempat penyimpan yang memiliki ukuran kecil namun dapat menampung data hingga ratusan giga namanya Memory Card.

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak
Image by thewirecutter.com

Sudah tak heran lagi perangkat ponsel (smartphone) menggunakan Memory Card sebagai tempat penyimpanan tambahan yang dapat menyimpan seluruh data yang Anda miliki, misalnya Foto, Video dan berkas-berkas lainnya.

Terkadang sering kali kita menemukan kasus maupun pernah mengalami sendiri, Memory Card tidak berfungsi dengan baik alias telah rusak dan hal ini membuat kita kehilangan seluruh data yang ada di Memory Card tersebut. Tapi sebelum Anda membuangnya, sebaiknya Anda gunakan salah satu beberapa cara di bawah ini untuk memperbaiki Memory Card yang tidak terbaca atau telah rusak siapa tau masih bisa di selamatkan.

Beberapa Cara Memperbaiki Memory Card Rusak


1. Membersihkan Pin Memory Card,
  • Keluarkan Memory Card dari ponsel Anda.
  • Kemudian bersihkan pin (lempengan tembaga warna kuning) Memory Card tersebut dengan menggunakan penghapus pensil (warna putih) atau menggunakan karet dengan mengosokannya sampai bersih.
  • Setelah pin di bersihkan, silakan kamu coba kembali Memory Card tersebut di ponsel Anda. Periksa apakah sudah terdeteksi dan terbaca lagi datanya.
2. Menggunakan Fitur Repair/Format
  • Dalam keadaan Ponsel menyala, silakan Anda ke Settings > Memory > Total Space > Repair
  • Untuk Android, masuk ke Settings > Storage > Erase SD Card. Ini bertujuan untuk menghapus seluruh data atau mengembalikan ke kondisi awal.
3. Format Memory Card melalui PC
Apabila Memory Card hanya terbaca atau terdeteksi di komputer, maka sistem yang ada di memori tersebut bermasalah
  • Masuk Memory Card ke PC dengan menggunakan Card Reader dan copy semua data yang ada di Memory Card tersebut ke dalam folder di komputer Anda.
  • Apabila sudah di copy seluruh datanya, Klik kanan pada drive Memory Card pilih Format dan pada File system pilih FAT16 terakhir klik Start untuk memulainya tunggu hingga proses selasai.
  • Terakhir kembalikan file yang telah di copy tadi ke dalam Memory Card.
Apabila ke-tiga cara diatas masih tidak bisa memperbaiki Memory Card, maka solusi terbaiknya Anda harus mengikhlaskan seluruh data yang ada dan berserta Memory Card-nya. Demikianlah dari artikel ini semoga dapat membantu Anda menyelesaikan masalah yang sedang dialami.