Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Pasti kalian semua sudah mengenal file PDF atau Portable Document Format, yaitu sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System di tahun 1993. Format file PDF merupakan salah satu format file yang banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan maupun profesi.

Anda membaca artikel ini, berarti Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengecilkan ukuran file PDF. Kebanyakan orang yang mencari cara mengecilkan ukuran file PDF, sering kali digunakan dalam melamar sebuah pekerjaan di perusahaan melalui email. Perusahaan sering kali membatasi ukuran file (PDF) lamaran kerja yang boleh dikirim ke alamat email perusahaan, biasanya maksimal 2 MB.

Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan file PDF dengan ukuran yang lebih hemat atau lebih kecil. Berikut ini beberapa cara mengecilkan ukuran file PDF, yang bisa Anda lakukan atau gunakan baik melalui layanan online maupun offline.

Memperkecil Ukuran PDF secara Online di Smallpdf

1. Pertama-tama, siapkan file PDF yang akan di perkecil ukurannya.
2. Apabila sudah disiapkan filenya, silakan Anda kunjung website https://smallpdf.com/compress-pdf melalui aplikasi browser Anda.
cara memperkecil ukuran file PDF secara online
3. Kemudian silakan Anda klik Choose file atau Drag and Drop file pdf ke dalam kotak merah tersebut dan tunggu hingga proses upload selesai.

4. Apabila proses upload dan compress PDF telah selesai, maka akan informasi berapa persenDF telah di hemat atau diperkecil.
compress file PDF dengan smallpdf online
5. Terakhir silakan kamu Download, file PDF yang telah berhasil di compress menjadi lebih hemat.

Smallpdf terdapat limit (dibatasi) dalam melakukan compress file PDF, Anda hanya dapat memperkecil file PDF maksimal 2 file tiap perjam. Apabila bila Anda ingin mendapatkan akses yang tak terbatas, bisa berlanggan dengan biaya sebesar $6 perbulannya atau $48 pertahunnya.
Selain Smallpdf masih banyak layanan online untuk memperkecil ukuran file PDF, misalnya: iLovePDF dan sebagainya.

Memperkecil Ukuran File PDF dengan Microsoft Word

1. Pertama silakan Anda buka program Microsoft Word, kemudian silakan Anda buka file PDF-nya atau file dokumen yang mau di buat PDF.

2. Apabila Anda membuka file PDF, maka akan muncul notifikasi "Word will now convert your PDF to an editable Word document." klik tombol OK. Maka file akan di ubah menjadi dokumen Word sehingga file tersebut dapat di edit.

3. Setelah itu silakan Anda masuk ke menu Pengaturan, tab File > Options kemudian pilih Advanced dan cari grup Image Size and Quality.
memperkecil file pdf dengan microsoft word
4. Pada "Set default target output to" silakan Anda ganti menjadi 96ppi atau (paling kecil) dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

5. Terakhir silakan Anda simpan file tersebut dengan Save as, dan pada Save as type pilih PDF kemudian silakan tombol Save untuk menyimpannya.

Selain menggunakan program Microsoft Word, untuk memperkecil file PDF, masih banyak program offline yang dapat Anda gunakan untuk compress file PDF, misalnya: Orpalis PDF ReducerAdobe Acrobat Pro dan sebagainya.

Catatan:
Dengan melalukan compress PDF atau memperkecil file PDF, pastikan Anda mengecek hasilnya terlebih dahulu, karena kualitas gambar pada file PDF yang di compress akan menurun.