Tips Membuat Loading Blog Menjadi Cepat


Banyak pemilik website yang berusaha memberikan pengalaman yang terbaik bagi pengguna (pengunjung) website. Salah satunya kecepatan akses website, karena website dengan akses yang cepat dapat membuat pengguna menyukainya, selain itu website yang cepat dapat meningkatan 'SEO' peringkat di Google.

Namun, banyak pemilik (awam) website yang tidak tahu bagaimana cara untuk mempercepat websitenya sehingga website terasa lebih berat dan membuat pengguna (pengunjung) akan merasa jengkel karena lama menunggu.

Jika ingin halaman website milik Anda, memiliki kecepatan yang cepat. Anda bisa membaca dan menggunakannya, beberapa tips dari MasKode untuk mempercepat halaman website.

1. Pemilihan Server
Faktor utama dalam cepatnya akses website adalah server, maka gunakanlah server yang memiliki kualitas yang bagus, selain itu lokasi server juga mempengaruhi. MasKode sendiri menyarankan Anda menggunakan server bersifat Cloud dengan lokasi di Singapore.

Karena server cloud singapore, memiliki kecepatan akses yang lebih baik dan cocok buat website Anda yang mentargetan pengunjung dari Indonesia serta luar negeri.

2. Optimize Media File
Banyak pemilik website, saat upload image/audio/video tidak di compress terlebih dahulu sehingga memiliki size file yang besar. Maka dari itu sebaiknya Anda mengompress terlebih dulu file-file tersebut sebelum di upload. 

Untuk mengompress image, Anda bisa menggunakan layanan online seperti tinypng.com atau kraken.io sedangkan untuk audio/video bisa menggunakan aplikasi MeGui atau lainnya.

3. Penggunaan Sumber Daya
Jangan gunakan terlalu banyak menggunakan sumber daya dari situs website orang. Apabila Anda menggunakan sumber daya dari luar itu membuat pengunjung juga mengakses website tersebut juga. sehingga akan mempengaruhi kecepatan website Anda.

4. Minify CSS/HTML/JAVASCRIPT
Penulisan script yang tidak membuang ruang dapat membuat website lebih cepat. contoh minify CSS

Non-Minify CSS
#header{
background:blue;
color:white;
}
#body {
background:white;
color:black;
}

Penulisan script seperti diatas ini, membuang ruang banyak sehingga membuat ukuran file bertambah. dan berikut ini penulisan yang baik untuk kecepatan akses website.

Minify CSS
#header{background:blue;color:white;}#body {background:white;color:black;}

5. Penggunaan Plugin
Banyak pemilik website yang menggunakan berbagai plugin untuk membuat website terlihat bagus. Namun, sebenarnya penggunaan plugin yang banyak akan memiliki efek negative yaitu membuat akses website lebih lambat.

Oleh sebab itulah MasKode menyarankan Anda untuk menggunakan plugin yang diperlukan saja. Misalnya Plugin SEO, Plugin CACHE dan Plugin Optimize Image.

6. Menggunakan Cache
Website yang menggunakan cache dapat mempercepat loading website ketika pengguna mengunjungi kembali situs website Anda. Hal ini karena data dalam website Anda tersimpan di browser pengguna sehingga ketika pengguna mengunjungi kembali halaman website pengguna akan menggunakan cache yang sudah ada sebelumnya.

7. Menggunakan Lazy Load
Dengan menggunakan Lazy maka wesbite Anda akan terasa lebih cepat. Karena lazy load menyembunyikan image yang ada di halaman website dan akan mincul ketika halaman discroll kebawah.

Nah, itulah 7 tips membuat halaman website menjadi lebih cepat. Demikianlah dari postingan ini semoga bermanfaat buat Anda. terima kasih.

Next

Previous

2019 © Maskode.com - All right reversed.