Mengatasi Lampu Indikator Laptop Nyala Terus Setelah Dishutdown

Mengatasi Lampu Indikator Laptop Nyala Terus

Apakah laptop milik Anda mengalami hal serupa, yakni lampu indikator pada laptop tetap menyala terus menurus padahal sistem operasi telah di shutdown. Jika, iya maka kita sama, karena beberapa hari yang lalu laptop saya juga pernah mengalami masalah tersebut. Apabila laptop milik Anda menyala meskipun telah di matikan, jangan panik terlebih dulu jika sedang mengalami masalah tersebut, pada tutorial ini saya akan memberikan cara bagaimana mengatasi masalah tersebut sehingga laptop kembali normal.

Sebelum itu, saya akan memberitahukan kepada Anda, penyebab terjadinya masalah tersebut mengapa lampu indikator laptop nyala terus menerus meskipun sudah di shutdown / matikan.

Berikut penyebab Indikator Laptop menyala terus:
  • Adanya driver yang bermasalah pada sistem operasi.
  • Kemungkinan terdapat beberapa file sistem operasi yang telah rusak maupun hilang.
  • Laptop terkena serangan virus yang berbahaya, sehingga membuat sistem operasi mengalami masalah.
  • Adanya perangkat keras yang konslet atau rusak, sehingga membuat indikator laptop selalu menyala walaupun sudah di matikan dengan tombol shutdown.
Itulah beberapa penyebabnya, selanjutnya saya akan memberikan anda solusi untuk mengatasi lampu indikator laptop yang menyala terus menerus, sebagai berikut ini:

Baca juga: Cara mengatasi icon Wi-Fi yang tiba-tiba hilang di Windows 10

Cara Pertama:
  1. Matikan laptop secara paksa, yaitu dengan menekan dan tahan tombol power kurang lebih selama 10 - 20 detik. Catatan: jangan terlalu mematikan laptop dengan paksa, sebab dapat merusak perangkat keras (hard disk) yang ada di dalam laptop.
  2. Apabila laptop tidak bisa mati, silakan Anda mencabut baterai laptop atau biarkan hingga baterai laptop habis dengan sendirinya.
  3. Jika lampu indikator laptop sudah mati, Anda dapat menyalakan kembali laptop kesayangan Anda.
  4. Terakhir silakan anda melakukan pembaruan / update driver dan scan virus dengan menggunakan aplikasi Antivirus, misalnya: Windows Defender, Avast, Avira dan sebagainya.
Cara Kedua:
  1. Apabila telah menggunakan menggunakan carapertama namun, laptop masih mengalami masalah tersebut, Silakan Anda lakukan "Recovery Sistem" Operasi atau menginstall kembali sistem operasi.

Apabila kedua cara diatas masih tidak dapat mengatasi lampu indikator laptop yang masih menyala meskipun sudah di shutdown, maka ada kemungkinan terdapat perangkat keras yang mengalami konslet mautpun rusak. Untuk memperbaiki masalah tersebut, sebaiknya anda membawa laptopnya ke service center untuk di perbaiki oleh ahlinya.