5 Cara Mudah Menghilangkan Embun pada Kamera Smartphone

Sekarang banyak orang yang menangkap moment berharga dengan memfoto menggunakan smartphone untuk mengabadikan moment tersebut. Namun, apa jadinya jika kamera pada smartphone milik Anda berembun, sehingga membuat hasil jepretan menjadi tidak maksimal dan buram.

Biasanya embun pada kamera smartphone terjadi karena smartphone terguyur air (hujan) atau smartphone diletakan di tempat yang lembap dan hasilnya kamera berembun.

Terkadang ada embun yang bandel, sehingga tidak dapat menghilang dengan sendirinya. Apabila Anda mengalami hal tersebut, cobalah gunakan salah satu tips dari MasKode untuk menghilang embun yang muncul di kamera smartphone.

Berikut 5 Cara Mudah Menghilangkan Embun pada Kamera Smartphone.

1. Beras
menghilangkan embun di kamera dengan beras
*sumber www.gogadgetpros.com
Selain enak untuk di konsumsi setiap hari, ternyata beras memiliki manfaat yang lain, misalnya untuk menghilangkan embun yang berada di kamera smartphone. Ini karena beras memiliki sifat menyerap kelembapan.

Caranya, masukan smartphone kedalam beras dan biarkan hingga seharian atau beberapa jam saja.

2. Silica Gel
metode kedua menghilangkan embun dengan silica gel
*sumber www.express.de
Cara yang kedua untuk menghilangkan embun pada kamera smartphone ialah menggunakan manfaat dari Silica Gel. Anda akan menemui Silica Gel didalam kardus ketika membeli sepatu baru, hal ini bertujuan agar tidak lembap (biar tetap kering).

Maka sebab itulah, Silica Gel bisa digunakan untuk kamera smartphoen yang berembun. Caranya, taruh smartphone ke dalam wadah kemudian taburkan butiran Silica Gel di sekitar smartphone khususnya bagian kamera.

3. Sinar Lampu
menghilankan air yang terdapat di kamera dengan sinar lampu
*sumber news.ralali.com
Sinar lampu memiliki suhu yang hangat dimana suhu hangat dapat membuat air menguap. Sebab itulah, dengan bantuan sinar lampu dapat menghilangkan embun pada kamera smartphone.

Caranya cukup mudah, taruh smartphone di tempat yang datar dan pastikan bagian kamera yang berembun medahap keatas. Kemudian sorot lampu menghadap ke smartphone, tunggu hingga embun tersebut telah hilang.

4. Sinar Matahari
sinar matahari untuk menghilankan embun pada kamera
*sumber plengdut.com
Cara selanjutnya menggunakan sinar matahari, namun menghilangkan embun pada kamera smartphone dengan sinar matahari agak berisiko karena memiliki suhu yang panas. Apabila Anda melakukan kecerobohan akan membuat kamera menjadi rusak.

Untuk mencegah resiko dari sinar matahari, berikut tips menghilang embun dengan paparan sinar matahari.

Pertama, siapkan wadah yang dapat menahan paparan sinar matahari secara langsung. Masuk smartphobe kedalam wadah tersebut, dan tempatkan wadah berisi smartphone ke tempat yang terpapar sinar matahari. Tunggu hingga embun pada kamera telah hilang.

Catatan: Jangan terlalu lama dibiarkan terkena matahari, meskipun terdapat wadah yang melindungi dari paparan sinar matahari.

5. Hair Dryer
hair dryer untuk membasmi embun di kamera
*sumber fonepaw.com

Hair dryer memiliki fungsi untuk mengeringkan kelembapan, misalnya rambut ketika habis mandi. Dari manfaat tersebut, Anda dapat menggunakan hair dryer untuk menghilan embun di kamera smartphone.

Caranya cukup mudah, matikan terlebih dahulu ponselnya, kemudian nyalakan hair dryer dan keringan embun di kamera tersebut dengan hair dryer.

Catatan: Berhati-hatilah saat menggunakan cara ini, jangan sampai embun kedorong ke dalam malah akan membuat lebih susah untuk dihilangkan.

Itulah 5 metode yang dapat Anda gunakan untuk mengusir embun dari kamera smartphone Anda. Meskipun begitu alangkah baik jika Anda mencegah munculnya embun.

Berikut saran pencegahan dari MasKode:

1. Hindarilah penaruhan smartphone pada tempat yang lembab.
2. Gunakan kantong kain untuk memnyimpan smartphone
3. Gunakan kantong anti air, ketika Anda berada di air atau hujan.

Demikian dari artikel ini, dan semoga dapat membantu Anda menghilangkan embun di smartphone. Sampai jumpa.